Rahajeng rahina galungan LAN Kuningan 2023

Rahajeng rahina galungan lan Kuningan 2023

Selamat memperingati hari raya Galungan dan Kuningan. 2 Agustus 2023 dan 12Agustus 2023. Hari Raya Galungan merupakan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). Hari Galungan juga menjadi hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya.
Saat Galungan dan Kuningan, Umat Hindu akan Sembahyang ke Pura! Saat hari raya ini umat jindu di Bali akan melakukan persembahyangan di pura hingga di sanggah atau merajan masing-masing bersama keluarga dan saudara dengan mengenakan pakaian adat.
Hari Raya Galungan merupakan perayaan untuk memperingati terciptanya alam semesta dan juga seisinya. Perayaan ini dirayakan setiap enam bulan Bali (210 hari) yaitu ketika hari Budha Kliwon Dungulan atau Rabu Kliwon wuku Dungulan sedangkan Kuningan KUNINGAN Hari Saniscara, Kliwon, Wuku Kuningan, 10 hari setelah Galungan. Para Bhatara-Bhatari turun dari Kahyangan sampai tengah hari. Manusia mengucapkan terima kasih kepada Hyang Widhi atas wara nugrahanya berupa kekuatan dharma serta mohon agar kita senantiasa dihindarkan dari perbuatan-perbuatan adharma. Secara simbolis membuat sesajen dengan nasi kuning sebagai pemberitahuan (nguningang) kepada para preti sentana agar mereka mengikuti jejak leluhurnya merayakan rangkaian hari raya Galungan – Kuningan. Selain itu menggantungkan “tamiang” di Palinggih-palinggih sebagai tameng atau perisai terhadap serangan kekuatan adharma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cocokah patung Ganesha Dipasang dipintu Masuk Lihat Ulasannya

Alasan-alasan mengapa Warga Pande tidak dibenarkan memakai tirtha Sulinggih lain,

SEJARAH DORAEMON PALING LENGKAP